Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data yang
menggunakan fungsi matematika. Microsoft Excel banyak digunakan di
perkantoran untuk membuat data yang membutuhkan perhitungan atau fungsi
logika, misalnya untuk membuat data nilai siswa, data gaji pegawai dan
masiih banyak lagi. Didalam Microsoft Excel terdapat banyak rumus atau
fungsi yang digunakan untuk mengolah data. Pada artikel kali ini,
penulis akan memberikan fungsi-fungsi dasar Microsoft Excel yang wajib
dikuasai serta contoh penggunaanya.
Rumus Dasar Microsoft Excel
1. SUM
SUM adalah rumus utama yang wajib dikuasai untuk digunakan
diperkantoran. Dalam prakteknya, fungsi ini adalah yang paling sering
digunakan. SUM berfungsi untuk melakukan penjumlahan data, sama seperti
tambah. Akan tetapi jika menggunakan penjumlahan biasa, kita perlu
mengetikan kolom setiap kolom yang akan dijumlahkan, tetapi dengan
menggunakan SUM, kita cukup memblok data yang akan dijumlahkan.
Rumus SUM adalah :
=SUM(Kolom Awal:Kolom Akhir)
Sekarang kita coba menerapkan rumus SUM didalam Microsoft Excel. Sebelumnya teman-teman buat Table seperti dibawah ini :
Kemudian gunakan rumus SUM untuk menghitung Total Nilai seperti dibawah ini
Kolom yang akan dihitung dimulai dari kolom B2 sampai F2.
Untuk latihan silahkan coba untuk menghitung total nilai dari Tukinem dan Bejo
2. MAX
MAX adalah rumus yang digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari suatu
data. Cara penggunaan MAX hampir sama dengan SUM, yaitu dengan memblok
kolom yang akan diolah.
Rumus MAX adalah :
=MAX(Kolom Awal:Kolom Akhir)
3. MIN
MIN adalah kebalikan dari fungsi MAX, jika MAX digunakan untuk mencari
nilai tertinggi, MIN digunakan untuk mencari nilai terendah.
Rumus MIN adalah :
=MIN(Kolom Awal:Kolom Akhir)
4. AVERAGE
AVERAGE digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu data, penggunaanya masih sama seperti rumus-rumus diatas
Rumus AVERAGE adalah :
=AVERAGE(Kolom Awal:Kolom Akhir)
5. COUNT
COUNT digunakan untuk menghitung banyaknya data, berbeda dengan SUM,
jika SUM menghitung nilai dari data, COUNT menghitung jumlah data. Untuk
lebih jelasnya ikuti rumus dibawah ini
Rumus COUNT adalah :
=COUNT(Kolom Awal:Kolom Akhir)
Itulah tadi Rumus Dasar Excel, akan sangat memalukan jika tidak menguasai kelima rumus diatas. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat.
Post a Comment
Click to see the code!
To insert emoticon you must added at least one space before the code.